Memilih gudang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Apalagi Anda ingin mengembangkan bisnis jadi besar dan menghasilkan barang lebih banyak di kemudian hari. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dengan baik agar tidak salah beli dan gudang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kalau Anda tidak mau salah beli dan akhirnya menyesal di kemudian hari, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar mendapatkan gudang sesuai dengan keinginan.

1. Lokasi Harus Tepat
Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli gudang adalah lokasinya yang tepat. Maksud lokasi yang harus tepat ini adalah lokasi yang harus dekat dengan pusat produksi atau pabrik. Kalau gudang dekat dengan pabrik, penyimpanan barang bisa segera dilakukan. Biaya operasional bisa ditekan.

Selain dekat dengan pusat produksi, Anda juga harus mempertimbangkan gudang dekat dengan kawasan pemasaran. Misal pemasaran berada di kawasan Jawa Barat dan Jakarta, gudang diusahakan berada di kawasan itu agar distribusi bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi masalah seperti stok habis padahal permintaan tinggi.

2. Luasnya Sesuai Kebutuhan
Luas gudang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau Anda butuh ruangan yang tidak terlalu besar, gudang dengan ukuran kecil mungkin bisa dibeli. Namun, kalau ukuran gudang yang dibutuhkan besar, jangan beli yang ukurannya kecil. Jadi, sebelum membeli gudang lakukan survei apakah gudang ini sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Perkirakan dahulu berapa banyak barang yang dihasilkan. Kalau terpaksa membeli gudang yang besar karena memiliki lokasi strategis, bisa saja Anda menggunakannya dengan beberapa perusahaan agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan masih mendapatkan uang tambahan dari sewa yang dilakukan.

3. Fasilitas Keamanan Terjamin
Gudang menyimpan banyak sekali barang dan rawan sekali terjadi pencurian dan tindak kejahatan lainnya. Oleh karena itu Anda disarankan untuk memperhatikan fasilitas keamanannya dengan baik. Dengan memperhatikan fasilitas keamanan ini, peluang terjadi tindak kejahatan akan rendah.

Gudang eksklusif di Limus Biz Estate memiliki fasilitas keamanan selama 24 jam. Dengan CCTV dan metode one gate system, seluruh isi gudang dan bagian luarnya untuk tempat parkir kendaraan bisa aman. Kalau gudang tidak ada fasilitas keamanan yang baik, perusahaan bisa merugi.

4. Fasilitas Ruangan Lengkap
Gudang yang baik tidak hanya berfungsi sebagai warehouse saja, tapi juga bisa difungsikan sebagai kantor. Saat ini beberapa gedung pergudangan mulai mengintegrasikan kantor dan showrooms dalam satu tempat. Dengan fasilitas ini, gudang juga bisa digunakan sebagai kantor cabang.

Dengan fasilitas yang lengkap ini Anda tidak perlu bingung harus mencari kantor baru saat melakukan pertemuan bisnis ataupun memajang produk. Anda bisa lebih hemat dai sisi operasional dengan hadirnya fasilitas ini.

5. Investasi bagi Bisnis di Masa Depan
Peluang investasi juga harus diperhitungkan kalau Anda ingin membeli gudang. Peluang investasi ini bisa dalam bentuk penyewaan gudang yang sudah dibeli pada pihak lain. Jadi, setiap bulan atau periode tertentu akan mendapatkan uang sewa yang bisa masuk ke pemasukan. Apahi jika Anda membeli gudang di kawasan strategis, kemungkinan besar memiliki harga sewa dan harga jual kembalinya juga besar. Jadi, dibandingkan dengan harga beli, Anda sudah mendapatkan untung yang besar apabila ingin menjual gudang yang sudah dimiliki.

Inilah beberapa pertimbangan yang harus dilakukan kalau Anda ingin membeli gudang untuk keperluan bisnis. Salah satu gudang yang sesuai dengan semua kriteria di atas adalah Limus Biz Estate. Lokasi dari gudang ini sangat strategis dan memiliki fasilitas yang lengkap. Nah, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan segera hubungi Limuz Biz Estate.

Leave a comment