Bisnis yang menghasilkan produk atau bisnis distribusi produk membutuhkan gudang yang tepat. Tanpa gudang, proses penyimpanan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Coba bayangkan kalau pabrik menghasilkan banyak produk, tapi tempat untuk menyimpannya tidak ada. Kira-kira apa yang akan terjadi?
Itulah kenapa pemilik usaha disarankan untuk membeli gudang di lokasi yang cukup strategis. Dengan lokasi yang strategis, beberapa manfaat di bawah ini bisa dimaksimalkan.

1. Lebih Hemat Biaya Transportasi
Salah satu faktor yang menentukan harga produk atau barang adalah biaya operasional yang menyertainya. Harga minimum adalah harga bahan yang digunakan untuk membuatnya. Selanjutnya ada biaya jasa pembuatan dan juga biaya transportasi yang tidak sedikit dan cukup menyumbang harga ritel di masyarakat.
Kalau Anda membeli gudang di lokasi yang strategis dan dekat sekali dengan pabrik, biaya untuk transportasi ini akan rendah. Sehingga biaya dari pabrik ke gudang bisa dipotong. Selanjutnya biaya dari gudang ke zona distribusi yang dekat juga memangkas biaya yang dibebankan. Dampaknya harga barang ritel lebih murah di pasaran.

2. Proses Stocking Bisa Berjalan Cepat
Kalau gudang berada di lokasi yang strategis, dekat dengan jalan tol, dekat dengan zona distribusi, hingga dekat dengan pusat produksi, proses stocking bisa berjalan dengan lancar. Hal ini bisa terjadi karena lalu-lintas barang berjalan dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Coba bayangkan kalau gudang post produksi berada di kawasan Bekasi lalu pabrik berada di Sidoarjo. Tentu butuh waktu lama untuk menunggu stocking barang masuk dan menginformasikan pada toko yang menerima barang.

3. Distribusi Produk Cepat
Salah satu manfaat memilih gudang di lokasi yang strategis adalah distribusi produk yang cepat. Karena produk yang dihasilkan biasanya akan masuk gudang dahulu baru disebarkan ke zona distribusi yang dimiliki. Kalau ada jeda selama beberapa hari dalam proses ekspedisi, produk tidak akan bisa segera dipasarkan.
Itulah kenapa memiliki gudang dengan lokasi strategis sangat penting. Entah itu gudang dekat dengan pusat produksi atau pusat distribusi sehingga proses stocking bisa berjalan dengan lancar dan barang tidak lama berada di dalam kendaraan ekspedisi.

4. Mudah Melakukan Pengontrolan
Kalau lokasi berada di kawasan strategis apalagi dekat dengan pusat produksi dan kantor, pengecekan bisa berjalan dengan lancar. Apabila barang yang disimpan satu jenis saja dan tidak banyak, mungkin pengontrolan tidak akan jadi masalah. Namun, kalau barangnya banyak dan beragam, tentu menimbulkan masalah tersendiri.

Beberapa gudang modern sudah dilengkapi dengan kantor di dalamnya. Jadi, begitu barang datang dan pergi, stocking bisa langsung dilakukan secara realtime.

5. Bisa Jadi Lahan Investasi
Membeli dan memiliki gudang di lokasi yang strategis tentu memberikan cukup banyak manfaat. Tidak hanya jangka pendek saja, tapi juga jangka panjang seperti untuk investasi. Saat ini mungkin gudang hanya difungsikan untuk penyimpanan saja. Di kemudian hari mungkin bisa dijual lagi dengan harga lebih tinggi dari harga beli. Apalagi kalau dekat dengan tol dan pusat kota.

Demikianlah ulasan tentang manfaat memilih dan membeli gudang di lokasi yang strategis. Kalau Anda memiliki bisnis yang akan dipasarkan dan diproduksi di kawasan Narogong, ada baiknya mempertimbangkan Limus Biz Estate. Kawasan gudang eksklusif ini siap menjadi pusat penyimpanan barang untuk disebarkan ke kawasan Jakarta dan Jawa Barat.

Leave a comment