Setiap perusahaan besar pasti memiliki gudang untuk menyimpan logistik dan peralatan mereka. Inilah mengapa selain bangunan kantor, para pebisnis juga memiliki bangunan gudang. Peran gudang sendiri bisa dibilang sangat penting dewasa ini.

Meskipun beberapa tahun belakangan banyak perusahaan online dan startup berdiri. Banyak pelaku bisnis yang masih membutuhkan gudang. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya berbagai penyedia gudang di Indonesia. Lalu, bisnis apakah yang sebenarnya membutuhkan gudang dengan fasilitas eksklusif? Berikut ulasannya:

1. Bisnis E-Commerce
Meskipun perusahaan semacam ini dijalankan secara online, tetapi e-commerce tetap membutuhkan gudang sebagai tempat untuk menyimpan stok barang yang mereka jual. Apalagi jika e-commerce berjalan dengan sistem one stop shopping dan tidak bekerja sama dengan pedagang online lain seperti market place.

Tentu saja dibutuhkan ruangan yang memadai untuk menyimpan aneka barang yang dijual. Gudang yang digunakan pun diharapkan aman dari banjir, tikus, dan mampu menjaga barang agar tetap berada dalam kondisi yang baik. Jadi walaupun secara fisik perusahaan e-commerce tidak memiliki kantor, tetapi mereka harus memiliki gudang.

2. Bisnis Retail
Sama seperti e-commerce, bisnis retail juga membutuhkan gudang untuk menyimpan stok barang yang dijual. Biasanya, bisnis semacam ini dibangun sekaligus dengan ruangan penyimpanan. Tetapi perkembangan bisnis yang pesat seringkali membuat ruangan yang disediakan tidak lagi cukup.

Inilah mengapa banyak perusahaan retail yang membeli gudang tambahan sebagai sarana penyimpanan barang. Selain berfungsi sebagai penyimpan tambahan, gudang yang dibeli diharapkan juga dapat mempermudah proses stocking di beberapa cabang retail. Ini juga menjadi salah satu alasan banyak gudang dijual di kawasan yang strategis.

3. Dealer Kendaraan
Menyimpan kendaraan yang dijual di showroom seringkali menjadi pilihan utama para pebisnis dealer. Tetapi tingginya permintaan dan banyaknya jenis kendaraan membuat memiliki gudang merupakan sebuah keharusan. Untuk mengakomodasi hal tersebut, banyak dealer yang membeli gudang tambahan.

Selain memiliki tempat yang memadai, gudang eksklusif biasanya juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan mengingat barang yang disimpan oleh para pemilik dealer di gudang harganya tidak murah. Selain itu letak gudang yang strategis juga menjadi faktor, karena para dealer butuh mengantarkan kendaraan yang dibeli customer tepat waktu sesuai yang dijanjikan.

4. Bisnis Pakaian
Bisnis selanjutnya yang membutuhkan gudang untuk menyimpan barang mereka adalah bisnis pakaian. Para pebisnis biasanya memanfaatkan gudang untuk menyimpan stok kain dan pakaian jadi yang akan didistribusikan kepada penjual. Karena selain membutuhkan ruangan yang luas, bisnis ini juga membutuhkan tempat penyimpanan yang aman.

Pakaian merupakan barang yang terbuat dari bahan rentan. Jadi gudang dengan suhu yang sesuai dan antitikus sangat diperlukan. Inilah sebabnya banyak pebisnis pakaian memanfaatkan gudang untuk menyimpan pakaian sebelum dikirim kepada para distributor.

5. Bisnis Makanan
Selain benda nonbasi, gudang ternyata juga sering digunakan untuk penyimpanan bahan makanan. Gudang yang digunakan biasanya telah dimodifikasi menjadi ruangan beku yang besar agar makanan di dalamnya tidak basi. Seringkali karena terbatasnya ruangan, para pebisnis makanan tidak tahu di mana harus meletakkan stok bahan dan makanan yang dijual.

Inilah alasan pemilik bisnis makanan perlu membeli gudang eksklusif dengan pengamanan dan fasilitas memadai. Gudang yang dibeli juga diharapkan berada di tempat yang strategis agar proses distribusi berjalan dengan mudah.

Jadi, apakah bisnis Anda termasuk yang membutuhkan gudang? Sebagai referensi, Anda bisa membeli gudang Lismus Biz Estate yang berlokasi di Bogor. Gudang eksklusif ini tidak hanya menawarkan lokasi strategis, tetapi juga beberapa fasilitas memadai dan sistem keamanan yang mumpuni. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a comment